FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI POLA PENGASUHAN DALAM KELUARGA

TUGAS MAKALAH
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI POLA PENGASUHAN DALAM KELUARGA
Dosen Pengampu : Dr. Farihah, M.Pd







Oleh :
Uly Artha Aprilia Sinurat (1163171031)

PLS Reguler B’16





UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
T.A 2016/2017



KATA PENGANTAR


Puji dan Syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan yang Maha Esa, karena atas berkat dan hidayah Nya penulis bisa menyelesaikan tugas ini dengan baik. Tugas ini dikerjakan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pendidikan Keluarga.
Didalam Tugas ini terdapat banyak kekuranagan, untuk itu penulis ingin mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Kritik dan saran akan penulis terima sebagai suatu masukan yang baik untuk kami di kedepannya. Tidak lupa kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu terselesaikannya tugas ini, mudah-mudahan semua bantuannya di berikan balasan yang terbaik oleh Tuhan Yang Maha Esa.
Untuk itu, sekali lagi penulis ucapkan maaf yang sebesar-besarnya, mudah-mudahan tugas ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.



Medan, 01 Maret 2017
Penulis



Uli Artha Aprilia Sinurat
NIM: 1163171031








DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.................................   i
DAFTAR ISI .............................................  ii

BAB I PENDAHULUAN...................... 1          
A.    A. Latar Belakang Masalah.......................... 1
B.  Rumusan Masalah ...................................  1
C.   Tujuan Penulisan   ................................... 1

BAB II PEMBAHASAN..................................................................................................   2
A.      Pengertian Pola Asuh Orang Tua.............................................................................. 2          
B.      Faktor-faktor yang mempengaruhi pola pengasuhan dalam keluarga........................ 3
........
BAB III PENUTUP..........................................................................................................   5
A.      Kesimpulan ............................................................................................................... 5
B.       Saran......................................................................................................................... 5

DAFTAR PUSTAKA.......................................................................................................   6









BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Faktor – faktor yang mempengaruhi pola asuh Setiap orang mempunyai sejarah sendiri – sendiri dan latar belakang yang seringkali sangat jauh berbeda. Perbedaan ini sangat memungkinkan terjadinya pola asuh yang berbeda terhadap anak.
Banyaknya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, pada makalah ini dibatasi pada faktor lingkungan keluarga yang berhubungan dengan pola asuh orang tua. Pola asuh orang tua merupakan interaksi antara orang tua dengan anak dalam mendidik anak di rumah. Selama proses pengasuhan orang tualah yang memiliki peranan penting dalam pembentukan kepribadian anak. Dalam mengasuh anaknya, orang tua cenderung menggunakan pola asuh tertentu. Penggunaan pola asuh tertentu ini memberikan sumbangan dalam mewarnai perkembangan terhadap bentuk- bentuk perilaku sosial tertentu pada anaknya. Pola asuh orang tua merupakan interaksi antara anak dan orang tua selama mengadakan kegiatan pengasuhan. Pengasuhan ini berarti orang tua mendidik, membimbing, dan mendisiplinkan serta melindungi anak untuk mencapai kedewasaan sesuai dengan norma-norma yang ada dalam masyarakat.
Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua akan berpengaruh terhadap prestasi belajar. Pola asuh yang efektif harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anak, karena setiap individu memiliki kebutuhan dan kemampuan yang berbeda-beda. Pola asuh tersebut tidak hanya dilihat dari sudut pandang orang tua, tetapi juga dilihat dari sudut pandang anak. Oleh karena itu diperlukan komunikasi antara orang tua dan anak mengenai penerapan pola pengasuhan yang diterapkan.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa itu pola pengasuhan dalam keluarga?
2.      Bagaimana peran pentingnya orang tua dalam pola pengasuhan?
3.      Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pola pengasuhan dalam keluarga?

C.     Tujuan
1.      Agar kita mengetahui apa itu pola pengasuhan dalam keluarga
2.      Agar kita dapat memahami pentingnya peran orang tua dalam pola pengasuhan keluarga
3.      Agar kita dapat mengetahui apa saja fakor-faktor yang mempengaruhi pola pengasuhan dalam keluarga



BAB II
PEMBAHASAN

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pola Pengasuhan Dalam Keluarga
A.    Pengertian Pola Asuh Orang Tua
Pola asuh terdiri dari dua kata yaitu pola dan asuh. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008:1088) bahwa “pola adalah model, sistem, atau cara kerja”, Asuh adalah “menjaga, merawat, mendidik, membimbing, membantu, melatih, dan sebagainya” Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008:96). Sedangkan arti orang tua menurut Nasution dan Nurhalijah (1986:1) “Orang tua adalah setiap orang yang bertanggung jawab dalam suatu keluarga atau tugas rumah tangga yang dalam kehidupan sehari-hari disebut sebagai bapak dan ibu.” Gunarsa (2000:44) mengemukakan bahwa “Pola asuh tidak lain merupakan metode atau cara yang dipilih pendidik dalam mendidik anak-anaknya yang meliputi bagaimana pendidik memperlakukan anak didiknya.” Jadi yang dimaksud pendidik adalah orang tua terutama ayah dan ibu atau wali.
Casmini (dalam Palupi, 2007:3) menyebutkan bahwa:
 Pola asuh sendiri memiliki definisi bagaimana orang tua memperlakukananak, mendidik, membimbing, dan mendisiplinkan serta melindungi anak dalam mencapai proses kedewasaan, hingga kepada upaya pembentukan norma-norma yang diharapkan oleh masyarakat pada umumnya. Menurut Thoha (1996:109) menyebutkan bahwa “Pola Asuh orang tua adalah merupakan suatu cara terbaik yang dapat ditempuh orang tua dalam mendidik anak sebagai perwujudan dari rasa tanggung jawab kepada anak.”
Sedangkan menurut Kohn (dalam Thoha, 1996:110) mengemukakan:
Pola asuh merupakan sikap orang tua dalam berhubungan dengan anaknya. Sikap ini dapat dilihat dari berbagai segi, antara lain dari cara orang tua memberikan pengaturan kepada anak, cara memberikan hadiah dan hukuman, cara orang tua menunjukkan otoritas dan cara orang tua memberikan perhatian, tanggapan terhadap keinginan anak.
            Dengan demikian yang dimaksud dengan Pola Asuh Orang Tua adalah bagaimana cara mendidik anak baik secara langsung maupun tidak langsung. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua adalah suatu proses interaksi antara orang tua dan anak, yang meliputi kegiatan seperti memelihara, mendidik, membimbing serta mendisplinkan dalam mencapai proses kedewasaan baik secara langsung maupun tidak langsung.



B.     Faktor-faktor yang mempengaruhi pola pengasuhan dalam keluarga
Dalam pola pengasuhan sendiri terdapat banyak faktor yang mempengaruhi serta melatarbelakangi orang tua dalam menerapkan pola pengasuhan pada anak-anaknya. Menurut Manurung (1995:53) beberapa faktor yang mempengaruhi dalam pola pengasuhan orang tua adalah :
1)       Latar belakang pola pengasuhan orang tua
Maksudnya para orang tua belajar dari metode pola pengasuhan yang pernah didapat dari orang tua mereka sendiri.
2)      Tingkat pendidikan orang tua
Orang tua yang memiliki tingkat pendidikan tinggi berbeda pola pengasuhannya dengan orang tua yang hanya memiliki tingkat pendidikan yang rendah.
3)      Status ekonomi serta pekerjaan orang tua
Orang tua yang cenderung sibuk dalam urusan pekerjaannya terkadang menjadi kurang memperhatikan keadaan anak-anaknya. Keadaan ini mengakibatkan fungsi atau peran menjadi “orang tua” diserahkan kepada pembantu, yang pada akhirnya pola pengasuhan yang diterapkanpun sesuai dengan pengasuhan yang diterapkan oleh pembantu.
Sedangkan Santrock (1995: 240) menyebutkan ada beberapa faktor yang
mempengaruhi dalam pola pengasuhan antara lain :
1)       Penurunan metode pola asuh yang didapat sebelumnya.
Orang tua menerapkan pola pengasuhan kepada anak berdasarkan pola pengasuhan yang pernah didapat sebelumnya.
2)      Perubahan budaya, yaitu dalam hal nilai, norma serta adat istiadat antara dulu dan sekarang.
Pendapat di atas juga didukung Mindel (dalam Walker, 1992:3) yang menyatakan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi terbentuknya pola asuh orang tua dalam keluarga, diantaranya:
a.       Budaya setempat
Dalam hal ini mencakup segala aturan, norma, adat dan budaya yang berkembang di dalamnya.
b.      Ideologi yang berkembang dalam diri orangtua
Orangtua yang mempunyai keyakinan dan ideologi tertentu cenderung untuk menurunkan kepada anak-anaknya dengan harapan bahwa nantinya nilai dan ideologi tersebut dapat tertanam dan dikembangkan oleh anak dikemudian hari.
c.       Letak geografis dan norma etis
Penduduk pada dataran tinggi tentu memiliki perbedaan karakteristik dengan penduduk dataran rendah sesuai tuntutan dan tradisi yang dikembangkan pada tiap-tiap daerah.


d.      Orientasi religious
Orangtua yang menganut agama dan keyakinan religius tertentu senantiasa berusaha agar anak pada akhirnya nanti juga dapat mengikutinya.
e.       Status ekonomi
Dengan perekonomian yang cukup, kesempatan dan fasilitas yang diberikan serta lingkungan material yang mendukung cenderung mengarahkan pola asuh orangtua menuju perlakuan tertentu yang dianggap orangtua sesuai.
f.       Bakat dan kemampuan orangtua
Orangtua yang memiliki kemampuan komunikasi dan berhubungan dengan cara yang tepat dengan anaknya cenderung akan mengembangkan pola asuh yang sesuai dengan diri anak.
g.      Gaya hidup
Gaya hidup masyarakat di desa dan di kota besar cenderung memiliki ragam dan cara yang berbeda dalam mengatur interaksi orangtua dan anak. Soekanto (2004:43) secara garis besar menyebutkan bahwa “ada dua faktor yang mempengaruhi dalam pengasuhan seseorang yaitu faktor eksternal serta faktor internal.” Faktor eksternal adalah lingkungan sosial dan lingkungan fisik serta lingkungan kerja orang tua, sedangkan faktor internal adalah model pola pengasuhan yang pernah didapat sebelumnya.
Secara lebih lanjut pembahasan faktor-faktor yang ikut berpengaruh dalam pola pengasuhan orang tua adalah :
1)      Lingkungan sosial dan fisik tempat dimana keluarga itu tinggal
Pola pengasuhan suatu keluarga turut dipengaruhi oleh tempat dimana keluarga itu tinggal. Apabila suatu keluarga tinggal di lingkungan yang otoritas penduduknya berpendidikan rendah serta tingkat sopan santun yang rendah, maka anak dapat dengan mudah juga menjadi ikut terpengaruh.
2)      Model pola pengasuhan yang didapat oleh orang tua sebelumnya
Kebanyakan dari orang tua menerapkan pola pengasuhan kepada anak berdasarkan pola pengasuhan yang mereka dapatkan sebelumnya. Hal ini diperkuat apabila mereka memandang pola asuh yang pernah mereka dapatkan dipandang berhasil.
3)      Lingkungan kerja orang tua
Orang tua yang terlalu sibuk bekerja cenderung menyerahkan pengasuhan anak mereka kepada orang-orang terdekat atau bahkan kepada baby sitter. Oleh karena itu pola pengasuhan yang didapat oleh anak juga sesuai dengan orang yang mengasuh anak tersebut.
Dari uraian di atas dapat diketahui bahwa faktor-faktor yang memepengaruhi pola asuh orang tua yaitu adanya hal-hal yang bersifat internal (berasal dalam diri) dan bersifat eksternal (berasal dari luar). Hal itu menentukan pola asuh terhadap anak-anak untuk mencapai tujuan agar sesuai dengan norma yang berlaku.


BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah faktor eksternal (dari luar siswa) antara lain keluarga yang didalamnya mencakup pola asuh orang tua atau cara mendidik yang diterapkan dalam mendidik anak di rumah.
Pola asuh tersebut dapat mengakibatkan perubahan pada proses belajar siswa sehingga prestasi belajar pun dapat berubah.
Selain itu, dapat disimpulkan juga bahwa pada dasarnya terdapat kesamaan dalam pengelompokan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar.
Secara garis besar faktor tersebut dapat digolongkan menjadi dua yaitu faktor dari
dalam diri siswa (internal) dan faktor dari luar siswa (eksternal).
Berdasarkan uraian di atas bahwa pola asuh yang diterapkan oleh orang tua setiap individu berbeda-beda, dengan penerapan pola asuh orang tua yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan anak diduga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini berarti, bahwa pola asuh orang tua mempengaruhi prestasi belajar siswa.

B.     Saran
Dapat kita lihat bahwa banyak sekali pola asuh orang tua terhadap anaknya yang berbeda-beda. Dalam pengasuhan anak di dalam keluarga orang tua sangat berperan besar dalam pengasuhan terhadap anaknya. Orang tua tidak hanya memberi nafkah terhadap anaknya, tetapi juga seharusnya orang tua itu bisa mendidik, membimbing, mengawasi, mengarahkan, dan masih banyak lagi yang harus dilakukan orang tua. Maka dari itu sebagai orang tua harus lah bisa menerapkan pola asuh yang baik untuk anak-anaknya, agar kelak anak-anak tersebut akan menjadi anak yang berguna.


Komentar

  1. Harrah's Resort And Casino - TripHobo
    , 춘천 출장안마 Harrah's Resort 충주 출장안마 And Casino offers a variety of 포항 출장샵 casino 서산 출장안마 gaming options, including slots, video poker, roulette, 속초 출장마사지 and more.

    BalasHapus

Posting Komentar